Fortnite Mobile Tidak Rilis di Playstore, KENAPA ??

Game android yang dikembangkan oleh Epic Games tersebut merupakan sebuah game video yang dirilis pada 2017 lalu. Game yang dirilis untuk paket perangkat lunak itu menyuguhkan berbagai mode permainan, seperti Fortnite: Save the World, dan Fortnite: Battle Royal.

Fortnite Mobile Tidak Rilis di Playstore


Game bergenre action tersebut awalnya hanya di kembangkan untuk platform Microsoft Windows saja. Namun sekarang Anda bisa menikmati game tersebut di berbagai platform, seperti Save the World di platform di Microsoft Windows, PlayStation 4, macOS, dan Xbox One. Sedangkan untuk game Battle Royale, tersedia di platform Nintendo Switch, iOS, dan Android.


Setelah Fortnite Mobile rilis dan dilakukan uji coba pada 12 Maret 2018 lalu untuk platform iOS, kini Epic Game juga menyediakan Fortnite untuk platform android.

Namun sayangnya, tak seperti game-game dengan platform android lainnya yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store, Fortnite Mobile ini malah tidak rilis di Playstore. Sehingga Anda para pengguna android tidak bisa mengunduhnya melalui Playstore.

Lalu mengapa Epic Games tidak merilisnya di Playstore? Dan bagaimana cara pengguna mendapatkan Fortnite? Berikut 2 alasan mengapa Fortnite Mobile tidak rilis di Playstore:

Epic Games Ingin Lebih Dekat Dengan Penggunanya

Jika game sejenis lainnya menggunakan Google Play Store sebagai pihak ketiga antara perusahaan yang mengembangkan game dan pengguna, berbeda dengan Fortnite Mobile.

Fortnite Mobile


Disebutkan oleh Tim Sweeney, CEO Epic Games, bahwasannya game Battle Royale garapannya tidak akan dirilis di Playstore, melainkan via aplikasi dan situs resmi Epic Games. Alasan dari hal tersebut yakni agar lebih dekat dengan para gamers sebagai pengguna setia game tersebut.

Tidak hanya untuk platform android, alasan Game Epic memutuskan menggunakan situs resminya karena telah membuktikan dengan perilisan game lalu versi desktop lewat launcher, lalu untuk platform IOS yang menggunakan Apple App Store, dan belajar dari perilisannya melalui platform Steam milik Valve.

Masalah Biaya Bagi Hasil

Alasan lain yang tidak bisa dipungkiri adalah karena masalah biaya atau keuangan. Fortnite Mobile yang sudah dimainkan oleh lebih dari 125 juta pengguna itu nyatanya enggan untuk bekerjasama dengan pihak Google Play Store.

Pasalnya Google Play Store mematok jumlah bagi hasil sebesar 30% kepada pihak Epic. Bukannya pelit, tapi pihak Epic merasa rugi karena perilisan Fortnite tidak berbayar atau gratis dan seluruh keuntungan didapatkan dari transaksi di dalam game.

Fortnite Mobile Tidak Rilis di Playstore


Dilansir dari The Verge, Tim Sweeney mengatakan bahwa pajak untuk Fortnite Mobile sebesar 30% itu merupakan biaya yang tinggi, sementara pihak developer harus menanggung 70% semua biaya termasuk biaya pengoperasian, pengembangan, serta dukungan lain terhadap game.

Bahkan Tim Sweeney menganggap bahwa angka 30% tersebut tidak proporsional dengan biaya layanan dan biaya pemeliharaan, serta pemrosesan pembayaran, layanan pelanggan, dan bandwidth unduhan. Menurut Sweeney, angka tersebut sebenarnya lebih cocok untuk game versi konsol dan sungguh tidak rasional untuk Fortnite Mobile dengan platform Android.

Oleh karena itu, Epic memilih menggunakan situs dan aplikasi resminya karena melihat Fortnite dengan platform iOS yang mendapatkan pemasukan mencapai USD 2 juta per harinya, dan dari situ pula pihak Apple akan mendapatkan income yang besar juga.

Namun kelemahan dari keputusan perilisan Fornite Mobile tanpa Playstore itu sebenarnya berisiko cukup besar, terutama untuk pihak gamer atau penggunanya. Ditakutkan hal tersebut sangat rentan dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjebak para gamers melalui iklan-iklan yang palsu, alih-alih mendapatkan aplikasi untuk game malah mengunduh malware yang akan merusak perangkat Anda.

Nah, oleh karena itu, bagi Anda para pecinta Fortnite Mobile, sebaiknya berhati-hati saat mengunduh dan gunakanlah situs dan aplikasi resmi Epic untuk menghindari penipuan.

Post a comment

0 Comments